ILMU DESAIN GRAFIS




Didalam blog ini, saya ingin menuliskan sedikit share tentang pengalaman yang telah saya dapatkan, khususnya yang berkaitan dengan desain grafis dan dunia percetakan. Pertama saya akan memberikan sekilas cerita perjalanan hidup saya yang berkaitan dengan desain grafis dan percetakan. Dulu, sekitar tahun 2001, ketika itu saya mulai mengenal CorelDraw, waktu itu kira-kira versi CorelDraw 10. Awalnya saya penasaran ketika seorang teman saya, yg ketika itu dia kuliah di Jurusan Advertising. Dari situ saya mulai tertarik dan iseng untuk sekedar belajar bagaimana caranya menggunakan software tersebut. Dan waktu itu saya minta untuk diajarin sama temen saya tadi yg sudah jago dalam pengoperasian CorelDraw.

Sedikit demi sedikit saya mulai belajar sendiri. Dan pada suatu saat, ketika saya mendapatkan pekerjaan, kebetulan saya ditempatkan dibagian marketing. Dalam bidang marketing itu, sudah pasti untuk mendukung kegiatannya diperlukan suatu Tool Marketing yang berupa : brosur, map, kop surat, banner, dll. Dari situ saya semakin memperdalam ilmu Corel yang saya miliki. Secara tidak langsung saya pun mulai mengenal dunia percetakan, yang sampai pada saat ini saya geluti. Mungkin itu sekilas gambaran, asal muasal saya mengenal dunia desain grafis dan percetakan.

Untuk selanjutnya saya akan membahas pengertian Desain Grafis itu sendiri. Sebenarnya saya jg kurang begitu bagus kalau harus menjelaskan apa itu desain grafis? Tetapi berdasar sekilas cerita saya tadi itu, desain grafis adalah sebuah cara untuk membuat media komunikasi yang efektif dan efisien dalam wujud media visual statis maupun dinamis (elektronik) sesuai dengan permintaan dari si pembuat, sehingga apa yang diinginkan oleh si pembuat tadi dapat tersampaikan secara jelas oleh si penerima. Dalam pembuatan media visual ini kita menggabungkan berbagai unsur antara lain : gambar, typography, shape, texstur, warna, dll yang di kombinasikan secara apik sehingga secara estetika akan terlihat menarik dan menyatu. Dengan kata lain, kombinasi itu jg harus memperhatikan aspek proporsialitas dan keseimbangan (balance).

Mungkin itu yg bisa saya jelaskan mengenai arti dr Desain Grafis sesuai pemahaman saya. Dan salah satu hal yang saya bisa percayai, bahwa sesuatu yang dulu hanya bersifat iseng atau sekedar hobi, dengan berjalannya waktu kehidupan, hal itu bisa menjadi senjata untuk bisa mencari penghasilan di masa yang akan datang. Untuk pembahasan tentang dunia percetakan, akan saya sampaikan dalam tulisan saya berikutnya.

0 komentar: